Sabtu, 27 Juni 2009

Sebuah Peluang

Pesatnya kemajuan teknologi hitungannya sudah bukan lagi bulan, apalagi tahun, tapi hitungan hari, jam dan bahkan tiap menit. Dunia benar-benar jadi small village. Ruang aktivitas sudah tidak lagi dibatasi secara geografis, sehingga informasi nyaris tidak dapat dibendung. Teknologi, melahirkan beragam media komunikasi yang nyaris mustahil dimasa lalu, tapi jadi suatu kenyataan, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya suatu kebutuhan, karena memang mengandung banyak kelebihan, baik dari ekonomi, ataupun dari sisi waktu, karena jarak tidak lagi jadi hambatan yang berarti.

Blog adalah satu dari sekian hasil kemajuan teknologi dibidang internet. Dimasa lalu, khususnya di Indonesia, tidak banyak orang yang memanfaatkan internet untuk beraktifitas, baik bisnis, atau sekedar untuk sosialisasi, namun saat ini, setiap orang hampir mungkin, asal ada kemauan, memanfaatkan internet untuk beraktifitas. Tidak harus ahli, atau punya latar belakang pendidikan komputer, bahkan tidak memiliki komputer pun, sangat memungkinkan untuk memanfaatkan internet dalam beraktifitas.

Sisi negatifnya memang tidak sedikit memang, bahkan hampir tidak mungkin membendung hal-hal negatif dari internet saat ini. Tapi, tentu saja, idealnya hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan itu bermanfaat bagi manusia khususnya.

Salah satunya, berbagi pengetahuan tentang apa saja yang bermanfaat, dan pemanfaatannya.

Kita bicara sisi positif saja.

Internet sebagai satu bentuk kemajuan ilmu pengetahuan, secara revolusioner merubah dan menghilangkan hampir semua sekat-sekat yang menghambat distribusi informasi, jarak bukan lagi hambatan saat ini, sehingga informasi kemajuan dalam berbagai bidang mampu terdistribusikan dengan tepat waktu, terutama di negara-negara maju, Amerika Serikat dan Eropa Barat. Hal ini tentu saja, membuka banyak sekali informasi yang terserap, utamanya peluang bisnis yang lebih sederhana dan dengan dana atau modal relatif kecil tetapi mampu menjangkau berbagai penjuru dunia.

Bisnis dengan menggunakan jaringan internet atau lebih dikenal dengan istilah Online Bisnis sebagai basis pemasaran, semakin terjangkau.dan membuat semakin banyak pelaku usaha skala kecil atau bahkan skala rumahan, mampu memasarkan produknya ke manca negara. Karena banyak sekat-sekat yang membuat janggkauan pemasaran terhambat, dapat diatasi. Sebagai contoh, seorang pengrajin pisau di Bandung, mampu menjual hanya satu buah pisau produknya ke Amerika Serikat, tanpa harus membangun perusahaan eksport atau menggunakan jasa eksportir.

Online Bisnis, atau bisnis dengan jaringan internet, saya rasa akan sangat optimal apabila dilakukan oleh jaringan juga. Jaringan sebuah organisasi, misalnya. Kader-kader organisasi yang tersebar di seluruh Indonesia atau bahkan dibeberapa negara, tentu mempunyai sumber daya produksi yang beragam dan pasti punya nilai jual yang tinggi kalau dijual ditempat lain dengan menggunakan jaringan kader-kadernya.

Luar biasa, suatu revolusi bisnis yang amat menjanjikan bagi kader-kader organisasi atau bahkan feedback tentu ke organisasi itu sendiri.

Semoga

Posted by : SOEKABOEMI

2 komentar:

fatih mengatakan...

Setuju, kita ambil manfaatnya aja ok?

Puji Antoro mengatakan...

sETUJU JUga!! emang harus kaya gitu..
khan sambil nyari pengunjung :D XIXIXIXI..