Minggu, 01 November 2009

JALAN PANTAI SELATAN TUNTAS PADA 2011

SUKABUMI -- Pembangunan jalur Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jabar sepanjang 430 km tuntas pada 2011 mendatang. Hal itu ditegaskan, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, H. Dede Yusuf.
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan kantor kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menyetujui jalur jalan di Pansela Jabar ditingkatkan statusnya dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.

Dengan persetujuan peningkatan status jalan itu, pemerintah pusat akan memulai tahap pengerjaannya 2010 nanti. Ditargetkan, 2011 sudah selesai dibangun,” ujar Dede Yusuf.
Menurut Wagub, kebutuhan biaya dalam pembangunan jalur Pansela diperkirakan mencapai Rp 2 triliun. Sementara dukungan pihak provinsi sebatas memberikan dana pendamping. Terlebih sewaktu statusnya masih jalan provinsi, Pemprov Jabar sudah mengucurkan anggaran hingga ratusan miliar untuk projek peningkatan maupun pemeliharaan jalannya. “Jadi dalam pembangunan jalur Pansela ini, kita hanya sebatas membantu dana pendampingnya saja,” tutur Dede Yusuf.
Menyinggung kelanjutan pembangunan jalan di wilayah Sukabumi selatan untuk menghubungkan daerah Ciwaru, Kec. Ciemas dengan Loji di Kec. Simpenan. Diakui sebelumnya pihak pemprov sudah membantu anggaran Rp 1 miliar dari kebutuhan Rp 35 miliar.
Bantuan anggaran sebesar itu, sebelumnya untuk mendukung pembangunan jalur jalan Pansela. Akan tetapi, ketika anggaran kekurangannya diusulkan lagi, instansi terkait lain terutama pihak DPRD Jabar belum menyetujuinya karena masih relatif banyak kegiatan prioritas yang perlu dibiayai. Pembiayaannya, terutama di sektor pendidikan dan kesehatan.
Jadi kita memang sempat mengusulkannya lagi, tapikan ada pihak lainnya (dewan) yang menentukannya,” katanya. (humas infokom)

Tidak ada komentar: